Selasa, 11 Oktober 2011

Permintaan Jasa Audit dan Jasa Assurance(2)

Jasa Assurance
Jasa Assurance merupakan jasa independen yang bertugas meningkatkan mutu informasi yang akan disediakan untuk para user. Ada berbagai macam jenis jasa yang masuk dalam jasa assurance antara lain jasa penilai produk yang berupa Costumer Report, Jasa independen penilai rating televise, dan jasa atestasi yang dilakukan oleh kantor akuntan public. Jasa Atestasi merupakan jasa akuntan public yang memberikan penilaian tentang reabilitas asersi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Ada lima jasa atestasi yang bisa diberikan oleh kantor akuntan public yaitu:
Jasa Audit Laporan Keuangan HIstoris yang dikeluarkan oleh perusahaan
Merupakan jasa yang menilai kesesuaian antara asersi perusahaan dan standar GAAP di Negara di mana perusahaan dapat berdiri. Kesesuaian ini berujung pada opini yang dikeluarkan oleh para auditor. Beberapa peraturan di berbagai Negara Amerika (SEC) dan Indonesia (BAPEPAM-LK) mengharuskan perusahaan yang akan go public untuk menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit tiap tahunnya.
Jasa Atestasi atas Internal control perusahaan
Merupakan jasa yang siberikan oleh kantor akuntan public untuk menilai kesesuaian internal control terhadap efektifitas dan efesiensi serta standard yang ditetapkan oleh lembaga penilai internal control seperti COSO atau COBIT.
Jasa Atestasi pada system computer dan teknologi informasi
Merupakan proses penilaian apakan perusahaan memenuhi dan mematuhi standard dalam bidang bisnisnya secara online. Ada beberapa kriteria tambahan yang diperkenalkan oleh para akuntan dalam melakukan atestasi ini yaitu: privasi, keamanan, ketersidiaan, dan kerahasiaan. Produk outpunya berupa webtrust dan systrust
Jasa Review Laporan Keuangan
Review atas laporan keuangan hamper sama dengan audit namun kepastian dan penilaian yang diperikan tidak sedalam dan setajam audit. Sehingga dari segi bukti, waktu, dan biaya akan lebih sedikit 
Jasa Atestasi Lainya
Jasa atestasi ini pada dasarnya adalah pengembangan dari jasa audit laporan keuangan historis.

 Jasa Non Assurance
Jasa non assurance disini dikaitkan dengan jasa yang dikeluarkan oleh KAP namun diluar lingkup jasa assurance antara lain:
-          Jasa Akuntansi dan Pembukuan
-          Jasa Perpajakan
-          Jasa Konsultasi Manajemen
Dalam jasa konsultasi terdapat juga aspek assurance sehingga ada jasa konsultasi tertentu yang masuk dalam jasa assurance.

Jenis – Jenis Audit
Dalam dunia audit ada bermacam – macam audit yang dikategorikan menurut tujuan pemeriksaan dan apa yang diperiksa, berikut macam – macam audit:
Audit Operasional
Menilai efesiensi dan efektifitas setiap prosedur dan operasi perusahaan, outputnya berupa rekomendasi yang disampaikan pada manajer atau direktur utama.
Audit Ketaatan
Merupakan jenis audit yang menilai ketaatan pihak yang diaudit pada peraturan yang dikeluarkan oleh otoritas yang ada diatasnya atau pihak yang memberi pinjaman atau investor. Contoh: audot yang dilakukan oleh pegawai pajak untuk menilai ketaatan pada aturan perpajakan
Audit Laporan Keuangan
Menilai laporan keuangan dan kesesuaiannya dengan GAAp yang berlaku di Negara yang diaudit. Outputnya berupa opini auditor.

Macam – Macam Auditor
Auditor dikategorikan menurut bidang yang digelutinya atau bidang yang diaudit. Berikut beberapa kategori auditor
            Auditor Eksternal/Independen
Auditor yang tidak bekerja untuk perusahaan. Biasanya bekerja dalam KAP. Bertugas mengadit L/K perusahaan public. Auditor in bersifat paling independen terhadap perusahaan yang diaudit. Auditor ini memberi opini yang nantinya turut diterbitkan dalam laporan keuangan.
Auditor Pemerintah
Auditor yang bekerja untuk menilai kinerja, efektifitas dan efesiensi kinerja pemerintah. Biasanya bertanggung jawab pada kongres.
Auditor Pajak
Auditor yang bertugas untuk menilai kesesuaian laporan keuangan dan laporan pajak dengan peraturan perpajakan.
Auditor Internal
Adalah auditor yang bekerja pada suatu perusahaan yang bertugas menilai efektifitas dan efesiensi kinerja perusahaan. Auditor Internal juga bertugas menanggulangi fraud di internal perusahaan. Untuk menjaga independenasinya auditor internal langsung melaporkan hasil audit pada direktur utama atau komite audit. Auditor internal bersertifikat memiliki gelar CIA (Certified Internal Auditor).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


english school melbourne